skip to Main Content
Taman Wisata Matahari - Recreation and Education Park
Mengenal Istana Bogor

Mengenal Istana Bogor

Kata istana biasanya identik dengan tokoh kerajaan dalam sebuah serial. Dan mungkin akan sedikit aneh jika zaman seperti ini masih membicarakan tentang istana. Kebanyakan istana yang tergambar dibenak masyarakat saat ini hanya sebagai sepenggal peninggalan sejarah saja.Tetapi istana yang berada di Bogor ini berbeda dari istana  yang seperti dalam sebuah cerita kerajaan dan sebagainya. Istana Bogor ini merupakan salah satu dari enam Istana Indonesia.

Istana Presiden Bogor ini dibangun pada bulan Agustus tahun 1744 oleh anak buah Gustaaf (Gubernur Belanda) yang memiliki tiga tingat dibentuk dengan bentuk pesanggrahan yang modelnya ia tiru dari bangunan Blainheim Palace di Oxford, Inggris serta memiliki lokasi seluas 28,8 hektar. Dalam sejarahnya Blainheim Palace ini merupakan tempat kediaman Duke of Malborough, nenek moyang Princes Wale Lady Diana.

mengenal istana bogor

di Istana Presiden Bogor juga ada rusa yang langsung didatangkan dari nepal, Saat ini sudah menjadi kebiasaan bagi warga Bogor dan sekitarnya ketika hari  Sabtu, Minggu atau hari-hari libur biasa mereka bisa mengahabiskan waktu dengan acara berkeliling istana dan memberikan makan pada rusa-rusa.

Istana Presiden Bogor ini berada di dekat dengan Kebun Raya Bogor atau disingkat dengan nama KRB. Selain kita dapat berkeliling melihat lihat istana presiden yang berada di kota Bogor ini, kita juga bisa sambil berkeliling dan berjalan-jalan menyusuri luasnya Kebun Raya Bogor. Sangat cocok sekali ketika kita berkunjung ke Istana Presiden Bogor sembari membawa keluarga, karena di sana kita dapat merasakan suasana berpiknik di alam terbuka yang lingkungannya masih asri dan menyejukan pandangan untuk kita pengunjungnya.

Istana Presiden Bogor ini pada mulanya hanya dibangun sebagai tempat peristirahatan untuk gubernur Belanda. Namun dengan bergantinya waktu, akhirnya istana ini dijadikan sebagai istana kepresidenan. Alasan didirikannya Istana Presiden Bogor ini ialah, pada masa itu tempat atau pusat pemerintahan Belanda berada di Jakarta namun karena seorang Gubernur Belanda ingin memiliki tempat peristirahatan yang jauh dari jangkauan perkotaan akhirnya mengutus anak buahnya untuk mencari tempat yang pas sebagai tempat peristirahatannya dari pekerjaan pemerintahan.

Akhirnya anak buah dari serang gubernur Belanda tersebut mendapatkan tempat yang pas yaitu di Kota Bogor dan didirikanlah Istana Presiden Bogor yang sampai saat ini masih kokoh. Meskipun demikian Istana Presiden Bogor ini pernah beberapa kali mengalami renovasi karena pergantian waktu dan juga disebabkan juga oleh beberapa kejadian bencana sehingga mengharuskan renovasi ulang kepada istana tersebut.

rusa istana bogor

Sama sepereti tujuan pertama pembangunan istana ini, pada masa Soekarno Istana Presiden Bogor ini masih digunakan sebagai tempat peristirahatan, sebagai tempat rehat dan bercumbu mesra dengan istri-istri dan anak-anaknya. Barulah ketika masa pemerintahan Soeharto, tempat ini mulai digunakan untuk urusan pemerintahan. Soeharto pernah mengadakan pertemuan APEC (Asia-Pasific Economy Cooperation) di Istana Presiden Bogor pada tanggal 15 November 1994.

Saati ini Istana Presiden Bogor ini dijadikan tempat untuk bekerja bagi orang nomor satu di Negara ini yaitu Bapak Presiden Joko Widodo. Beberapa waktu lalu, beliau terlihat sedang bersantai dan menikmati suasana Istana Presiden Bogor bersama dengan sahabatnya dari Negara lain yaitu Barak Obama.

Lingkungan di Istana Bogor ini memang cocok sekali untuk dijadikan tempat bersantai bersama teman, saudara, kerabat dan siapapun itu orang yang kita sayangi. Karena letaknya yang berada di dekat Kebun Raya Bogor yang masih begitu asri dan pasti memberikan iklim cuaca yang sejuk dan menenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top
×Close search
Search