skip to Main Content
Taman Wisata Matahari - Recreation and Education Park
Oleh Oleh Khas Bogor

Oleh Oleh Khas Bogor

Beda kota beda cerita, beda tempat pasti beda suasana. Setiap kota atau tempat pasti memiliki keunikan dan ke-khasannya yang berbeda-beda. Salah satunya inilah dia, Kota Bogor yang punya sebuatan sebagai Kota Hujan dan Kota Sejuta Angkot. Unik dan khas banget kan julukan buat kota Bogor ini. Apalagi yang katanya Kota Sejuta Angkot,  mmmmm enggak kebayang dong berapa banyak nya angkot yang ada di Kota Bogor, pasti berjuta-juta yaaaa begitu pula oleh oLeh khas bogor nya !!!

Kita tinggalkan sebutan atau julukan yang unik dan khas itu ya buat Bogor. For your info nih, ternyata selain memiliki julukan yang unik dan khas, Bogor juga memiliki buah tangan yang khas asli dari Kota Hujan. Pasti pada kepo dan pada mau tahu kan, apa aja sih oleh-oleh khas dari Kota Hujan ini.

Berikut ini ada beberapa jenis Oleh-oleh Khas Bogor :

  1. Talas Bogor

oleh oleh khas bogor

 

Talas adalah salah satu jenis tumbuhan umbi yang termasuk jenis sayuran. Selain umbinya yang bisa dikonsumsi, ternyata seluruh bagian dari talas ini bisa kita konsumsi dari mulai umbinya hingga daun mudanya pun bisa dijadikan sayur. Selain untuk dikonsumsi biasa, talas juga memiliki beberapa kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Menurut Direktorat Gizi Depkes RI tahun 1981 berikut beberapa kandungan gizi yang terdapat pada talas.

Kandungan gizi           Mentah            Talas rebus

Energi (kal )                120                  108

Protein  (gram)            1,5                   1,4

Lemak (gram)             0,3                   0,4

Serat (gram)                0,7                   0,9

Calsium  (mg)             31                    47

Zat besi  (mg)              0,7                   0,7

Vitamin b (mg)           0,05                 0,06

Vitamin c (mg)            2                      4

Bagian yang dapat dimakan               85 %                100%

  1. Asinan Bogor

asinan oleh oleh khas bogor

 

Untuk kalian yang suka rasa pedes dan ada seger-segernya gitu, cocok banget kalo nyobain oleh-oleh khas Bogor yang satu ini. Dari namanya aja udah bikin ngiler, apalagi kalo nyobain langsung nih,wkwkwk.

Ada yang unik nih dari Asinan Khas Bogor ini, kira-kira apa sih yang membuat unik dan beda dari asinan yang lainnya.

Menurut penulis, keunikan dari asinan ini ialah terletak dari bahan asinannya nih. Yang penulis tahu bahwa asinan itu bahannya biasanya Cuma terdiri dari sayuran doang gak pake buah-buah gitu, tapi ternyata Bogor punya sendiri nih. Bahan asinannya itu perpaduan antara buah-buah yang biasa dibikin rujak ditambah dengan sayuran-sayuran seger.

Dari pengalaman yang telah dialami oleh penulis, inilah beberapa bahan-bahan dari asinan khas Kota Bogor

  1. Mentimun
  2. Kol
  3. Wortel
  4. Tauge segar
  5. Daun selada
  6. Tahu gepeng
  7. Buah nans
  8. Sawi asin
  9. Kerupuk
  10. Kacang tanah

Menurut penulis sih ini tuh unik dan khas banget, secara gitu si penulis nih orang rantauan. Jadi bahan-bahan di atas tuh kebanyakan bahan buat bikin rujak tapi uniknya di Bogor bahan-bahan tersebut bisa dijadikan asinan yang legendaris khas Kota Bogor.

  1. Lapis Bogor

lapis talas oleh oleh khas bogor

Bukan ke Bogor namanya, kalau kalian melancong ke Bogor tapi enggak bawa oleh-oleh khas yang satu ini. Lapis Bogor adalah salah satu  ikon yang menjadi ciri khas dari oleh-oleh Kota Bogor, dan juga sudah terkenal seantero Bogor hingga Kota luar Bogor.

Cocok banget kan dijadikan oleh-oleh untuk keluarga tercinta yang menanti di rumah, meskipun tampilannya mewah dan menggoda tapi ternyata harga lapis Bogor ini bersahabat banget loh teman-teman. Masih berdasar pada pengalaman penulis yang sering pulang kampung kisaran harga Lapis Bogor ini mulai dari Rp20.000.

Selain ketiga oleh-oleh di atas, Kota Bogor masih memiliki banyak oleh-oleh yang unik yang wajib kalian jadikan buah tangan ketika pergi ke Bogor. Supaya tidak penasaran, ayo segera berkunjung ke Kota Hujan dan rasakan sensasi berburu oleh-oleh khas dari Kota Bogor.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top
×Close search
Search